Tips Dalam Mengajak Buah Hati di Dapur

0
35
views

Sering kali para ibu tidak memperbolehkan anaknya yang rentang usianya 2-6 tahun untuk masuk dan ikut bergabung di dapur. Orangtua khawatir bila mengajak anak-anak ke dapur dapat membuat mereka celaka dikarenakan terdapat benda tajam dan benda yang mudah pecah seperti pisau dan alat makan keramik. Padahal sebenarnya bila anak diajak ke dapur, mereka dapat belajar hal-hal baru seperti merapikan alat makan,mencium aroma bumbu dan masakan,serta mengetahui cara mengolah makanan bahkan perubahan zat. Berikut ini terdapat tips-tips yang bisa anda praktikkan dengan anak anda saat berada di dapur :

  • Sediakan bangku kecil supaya anak bisa berdiri sehingga memiliki tinggi yang tepat untuk bak cuci atau meja dapur.simpan dengan rapi di tempat khusus di lemari sehingga dia bisa belajar mengambil dan meletakkannya kembali.
  • Susun alat masak yang paling sering digunakan untuk makan keluarga,di lemari bagian bawah sehingga anak anda bisa dengan mudah meraihnya.
  • Sediakan banyak sendok kayu,baskom plastik yang kokoh, dan spatula untuk memasak.
  • Pastikan anda mempunyai gelas takar bening dan timbangan untuk menimbang makanan.
  • Sediakan apron anti air atau khusus untuk anak dan gantung di gantungan yang bisa diraihnya dengan mudah. Dia akan belajar dengan cepat untuk menaruhnya kembali. Akan lebih baik jika anda memlilih apron plastik yang menutupi kepalanya dan mempunyai lengan sehingga bisa memberikan perlindungan terbaik untuknya.

Dengan mengikuti tips di atas, anda sebagai orangtua tidak perlu lagi khawatir apabila anak ikut berkecimpung di dapur. Bila mengikuti langkah yang tepat, maka kecelakaan bisa diminimalisir dengan baik.

Berita sebelumyaINFO SNMPTN
Berita berikutnyaAyo Belajar Kepemimpinan
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here