Cara Mempersiapkan Wawancara Kerja

0
198
views

Apakah Anda akan melakukan wawancara kerja? Ada sejumlah langkah yang dapat Anda Lakukan sebelum (dan sesudah) wawancara untuk memastikan bahwa Anda membuat kesan memikat selama wawancara.

Meluangkan waktu untuk mempersiapkan wawancara dapat memperbesar peluang memperoleh pekerjaan tersebut. Beberapa yang perlu dilakukan adalah meneliti pekerjaan dan perusahaan, simulasi wawancara dan jawaban wawancara, cara berpakaian untuk wawancara, cara menindaklanjuti setelah wawancara, dan kiat persiapan wawancara lainnya.

01  Menganalisa Pekerjaan

Bagian penting dari persiapan wawancara adalah meluangkan waktu untuk menganalisis pekerjaan yang ditawarkan. Saat Anda meninjau deskripsi pekerjaan, pertimbangkan apa yang kira kira dicari perusahaan.Buat daftar keterampilan, pengetahuan, dan kualitas profesional dan pribadi yang diperlukan oleh perusahaan dan sangat penting untuk sukses dalam pekerjaan.

02  Buat Kecocokan

Setelah Anda membuat daftar kualifikasi untuk pekerjaan itu, buat daftar aset Anda dan cocokkan mereka dengan persyaratan pekerjaan. Buat daftar hingga 10 aset Anda yang cocok dengan persyaratan pekerjaan. Ini mungkin termasuk keterampilan, kualitas, sertifikasi, pengalaman, kualifikasi profesional, kemampuan, keterampilan komputer, dan basis pengetahuan. Anda dapat memunculkan beberapa aset ini ketika Anda menjelaskan kepada pemimpin perusahaan mengapa Anda sangat cocok untuk pekerjaan itu.

Juga, pikirkan contoh dari pengalaman kerja sebelumnya yang menunjukkan Anda memiliki kualitas ini. Dengan cara ini, jika pewawancara meminta Anda menunjukkan keterampilan atau kemampuan tertentu, Anda akan siap.

Tinjau persyaratan pekerjaan, daftar aset Anda, dan contoh Anda, sebelum wawancara sehingga Anda siap untuk menyampaikannya selama wawancara.

03. Teliti Perusahaan

Sebelum Anda melanjutkan wawancara kerja, penting untuk mengetahui sebanyak mungkin tentang bukan hanya pekerjaan tetapi juga perusahaan . Penelitian perusahaan adalah bagian penting dari persiapan wawancara. Ini akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan wawancara tentang perusahaan dan mengajukan pertanyaan kepada pewawancara tentang perusahaan. Anda juga akan dapat mengetahui apakah perusahaan dan budaya perusahaan cocok untuk Anda. Untuk pemahaman singkat tentang perusahaan, lihat situs web perusahaan, khususnya halaman “Tentang Kami”.

04. Praktek Wawancara

Luangkan waktu untuk berlatih menjawab pertanyaan wawancara yang mungkin akan Anda tanyakan selama wawancara kerja. Ini akan membantu memberi Anda kesempatan untuk mempersiapkan dan melatih jawaban, dan juga akan membantu menenangkan Anda karena Anda tidak akan mencari jawaban saat berada di kursi panas wawancara. Berlatihlah berwawancara dengan teman atau anggota keluarga sebelumnya dan itu akan jauh lebih mudah ketika Anda benar-benar dalam wawancara kerja.

05 Siapkan Pakaian untuk Wawancara

Jangan menunggu hingga menit terakhir untuk memastikan pakaian wawancara Anda sudah siap . Siapkan pakaian wawancara yang  akan dipakai, jadi Anda tidak perlu memikirkan apa yang akan Anda kenakan saat Anda berebut untuk bersiap-siap untuk wawancara kerja. Terlepas dari jenis pekerjaan yang Anda wawancarai, kesan pertama itu seharusnya sangat bagus. Ketika berpakaian untuk wawancara untuk posisi profesional, berpakaianlah sesuai dengan pakaian bisnis. Jika Anda melamar pekerjaan di lingkungan yang lebih santai , seperti toko atau restoran, tetap penting untuk rapi, rapi, dan terawat dengan baik, dan untuk menghadirkan citra positif kepada pemberi kerja.

06. Menyiapkan apa yang Harus Dibawa dalam Wawancara Kerja

Penting untuk mengetahui apa yang harus dibawa (dan apa yang tidak perlu dibawa) ke wawancara kerja . Barang-barang untuk dibawa termasuk portofolio dengan salinan ekstra dari resume Anda, daftar referensi , daftar pertanyaan yang diajukan kepada pewawancara, dan sesuatu untuk ditulis.

Penting juga untuk mengetahui apa yang tidak perlu dibawa, termasuk ponsel Anda (atau setidaknya mematikan ponsel Anda), secangkir kopi, permen karet, atau apa pun selain diri Anda dan kredensial Anda.

07 Berlatih Etika Wawancara

Etika wawancara sangatlah penting . Ingat untuk menyapa resepsionis, pewawancara Anda, dan semua orang yang Anda temui dengan sopan, ramah, dan antusias.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here