Membuat Perencanaan Karir

0
247
views

Tidak tahu kemana arah karir Anda? Anda butuh rencana …

 

Meskipun kami sering berharap bahwa hal-hal akan secara otomatis berjalan seperti yang diinginkan, akan tetapi kebetulan (dan/atau keberuntungan) tidak selalu berada di pihak kita – terutama ketika berkaitan dengan karier. Itulah mengapa penting untuk merencanakan masa depan secara efektif, apakah Anda masih belajar atau telah bekerja untuk sementara waktu.

 

Apa itu rencana karier?

Rencana karier adalah strategi praktis yang memungkinkan Anda untuk menentukan keterampilan dan minat Anda, menetapkan tujuan karier, dan menempatkan tindakan di tempat yang akan membantu Anda menjangkau mereka.

 

Ini adalah proses yang berkelanjutan, dan ini mencakup ikhtisar tentang:

Keahlian dan pengalaman Anda saat ini

Tujuan karir Anda

Minat Anda

Prioritas Anda

Tindakan yang Anda maksudkan

 

 

Mengapa perencanaan karier penting?

Perencanaan karir adalah cara terbaik untuk memastikan karir Anda berjalan ke arah yang benar.

Tidak hanya membantu Anda mewujudkan keinginan Anda, tetapi juga memfasilitasi tujuan karier Anda dengan tindakan dan tujuan nyata. Paling tidak, ini akan membantu Anda untuk menjawab pertanyaan tujuan karir pada wawancara Anda berikutnya.

Dengan menilai situasi Anda, Anda juga dapat menentukan dan mengisi kekosongan apa pun dalam pengetahuan atau pengalaman Anda yang mungkin menghalangi Anda dari pekerjaan impian Anda.

Siapa yang harus membuat rencana karier?

Setiap orang dapat mengambil manfaat dari membuat rencana karir.

Baik Anda masih belajar, Anda baru saja lulus, Anda ingin mengubah karier, atau Anda gatal untuk promosi – rencana karier akan memastikan tindakan Anda sesuai dengan sasaran Anda.

 

Dan itu bukan hanya perubahan besar yang direncanakan oleh rencana karier. Anda juga dapat menggunakannya untuk mempelajari keterampilan baru dan memperluas pengetahuan Anda di area tertentu.

 

 

 

Cara membuat rencana karier

Nilai opsi Anda. Pertama-tama, Anda harus mencari tahu karier yang tepat untuk Anda. Prioritaskan pilihan Anda berdasarkan minat dan kekuatan Anda, dan pertimbangkan pentingnya faktor seperti gaji, budaya perusahaan, jam kerja, dan waktu perjalanan.

 

Bagaimana memilih karier

Pekerjaan apa yang cocok untukku?

Buat daftar keterampilan Anda saat ini. Mencantumkan keahlian, kemampuan, dan pengalaman Anda saat ini tidak hanya akan membantu Anda memahami jalur karier apa yang cocok untuk Anda, itu juga akan membantu Anda mengetahui apakah Anda cukup memenuhi syarat untuk mengambil rute pilihan Anda. Area di mana Anda kurang pengetahuan akan menginformasikan tindakan yang Anda rencanakan dalam hal pelatihan dan pengembangan.

 

Tetapkan tujuan dan tindakan. Setelah Anda memutuskan jalur karier ideal Anda, inilah saatnya untuk menetapkan beberapa sasaran – yang akan membantu Anda memutuskan tindakan apa yang perlu Anda ambil. Ini bisa menjadi jangka pendek dan jangka panjang, dan besar atau kecil.

 

 

Atur kerangka waktu. Menetapkan tenggat waktu untuk setiap sasaran Anda akan memotivasi Anda untuk menyelesaikan berbagai hal. Apakah Anda bekerja menuju tanggal yang tepat, atau memilih skala waktu yang lebih luas (misalnya bulan tertentu) – menambahkan ini ke dalam rencana karier Anda akan memberikan tujuan Anda beberapa konteks yang realistis, belum lagi membuat Anda termotivasi untuk terus berjalan.

 

Terus periksa kembali. Rencana karier bukanlah solusi satu atap. Untuk memastikan tujuan Anda selalu terbaru, penting untuk terus memeriksa kembali perencana karier Anda. Tidak hanya itu akan memungkinkan Anda untuk melacak kemajuan Anda, itu juga berarti Anda dapat membuat perubahan jika keadaan Anda berubah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here